Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.
0 Comments »
Grafika Komputer
Posted by: kurei206, in 2

Postingan ini sengaja saya buat untuk membantu kawan - kawan saya yang gagal dalam mengcompile source code tugas grafika ^_^. Berikut adalah tahapan dalam membuat tugas grafika yang diberikan oleh pak marihat situmorang.
Tugas ini dibuat dari buku GRAFIKA KOMPUTER karangan Janner Simamarta dan Tintin Chandra, penerbit ANDI. Buka halaman 64. Source Code yang terdapat disini adalah source code C++.
Pertama salin semua pseudo code yang tertulis, dari halaman 64 hingga 69. Pastikan tidak ada kesalahan ketik. Compiler yang penulis gunakan disini adalah Turbo C v3.0. Untuk yang menggunakan Microsoft Visual C++ harap jangan mengikuti tutorial ini karena dari pengalaman penulis, banyak orang yang gagal. Sebenarnya bisa saja menggunakan MS Visual C++ tapi perlu adanya settingan compiler yang penulis tidak kuasai (mohon maaf, ilmu penulis tidak seluas yang anda bayangkan T_T). Jika anda menggunakan Turbo C v3.0 maka anda adalah orang yang beruntung karena penulis berhasil menyelesaikan tugas grafika ini dengan menggunakan compiler tersebut ^_^. Satu hal lagi, untuk yang menggunakan WinVista ato 7, maka anda adalah orang yang belum beruntung karena WinVista dan 7 tidak mendukung full screen mode dalam command prompt.
Setelah diketik dengan benar simpan dengan nama ‘tugasgrafika.cpp’, lalu compile. Jika anda mengetikkan semua source code itu dengan benar, maka proses compiling akan berjalan dengan sukses. Compiler akan memberikan pesan error jika code yang anda ketikkan masih salah. Solusi, telusuri letak kesalahan dan perbaiki.
Langkah selanjutnya adalah menjalankan program yang telah kita compile tadi. Klik run atau Ctrl + F9, maka anda akan mendapatkan banyak pesan kesalahan yang berupa ‘linker error’. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus mengaktifkan ‘graphics library’-nya turbo c dengan cara :
|Option| —– > |Linker| —–> |Libraries| —–> |[X] Graphics Library|
Setelah anda mengaktifkan graphics library, maka compile sekali lagi dan jalankan. Apabila anda jalankan, seakan-akan tidak keluar hasilnya. Tapi apabila anda mengakses |File| —-> |DOS Shell|,
maka akan terdapat pesan :
BGI Error : initialized (use ‘initgraph’) …
apabila anda menemukan pesan ini, berarti driver bgi yang terdapat di TC\BGI tidak terload dengan sempurna. Untuk mengatasinya, pada line 19 tepatnya di script
initgraph (&driver,&mode,”");
ubah menjadi
initgraph (&driver,&mode,”C:\\TC\\BGI”);
disini penulis menginstal Turbo C di drive C, apabila anda menginstalnya di drive lain (misal:D:\Program Files\TC) maka format penulisannya adalah :
initgraph (&driver,&mode,”D:\\Program Files\\TC\BGI”);
Simpan, kemudian compile kembali dan jalankan kembali. Seharusnya anda sudah dapat melihat output yang akan ditampilkan secara full screen. Apabila anda belum berhasil juga, berarti file instalasi Turbo C anda ada yang corrupt. Solusi, instal ulang Turbo C anda.
Untuk anda yang menggunakan layar lcd 19 inch ato netbook 11 inch ada kemungkinan outputnya tidak kan keluar T_T. Perlu settingan lebih lanjut Y_Y. Berikut adalah settingan yang harus anda lakukan agar tampilannya terlihat.
start->control panel->system->advanced->Environmental Variables->System variables->find PATH->Click Edit->
kemudian tambahkan ; dan path tc yang diinstal.
cara ini berhasil penulis lakukan di layar LG Flatron W1934S.
Berikut adalah output yang didapatkan oleh penulis.
Hasil
untuk hasil yang lebih maksimal, silahkan anda ubah lagi source code yang ada dengan kreatifitas anda ^_^.
23.20

0 Responses to " "

Poskan Komentar

tv online

    Warung Bebas TV Streaming

    Follow by Email