Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.
0 Comments »
PENGERTIAN PROCESSOR

Sering kali kita mendengar yang namanya processor. Apakah processor itu? Pasti Anda akan menjawabnya,”anu, itu yang ada di dalam computer,”. Tapi kebanyakan para pengguna computer yang masih awam tidak mengetahui apakah processor itu, bagaimanakah processor bekerja, dan bagaimana pula hubungan sebuah processor dengan computer?


Makanya, saya menuliskan artikel ini. Semua penjelasan mengenai processor. Semoga dapat bermanfaat…
Apakah yang dimaksud processor, bagaimanakah cara kerjanya, serta isi dari sebuah processor?
Processor adalah otak (CORE) dari sebuah komputer, karena device inilah semua perintah akan diproses, proses yang dilakukan dengan sistem bergantian.
Processor (yang biasanya disebut CPU) membaca intruksi dari memory tentang apa yang harus dilakukannya dan mengeksekusinya.
Processor dibuat dengan menggunakan teknologi silicone yang berisikan chip, transistor dan komponen elektronik lainnya yang jumlahnya bisa mencapai jutaan. Semakin tipis sebuah processor maka akan semakin cepat kinerjanya, serta mengurangi panas yang berlebih dan membutuhkan power yang kecil pula.
Ada beberapa perusahaan yang memproduksi processor, akan tetapi ada 2 perusahaan besar yang mendominasi pasaran dalam hal penjualan, yaitu AMD dan Intel. Hal ini dikarenakan produk yang mereka kembangkan dan pasarkan (…katanya…) sangat bagus dan stabil.
Untuk processor buatan Intel, saya telah mendapatkan referensi dari berbagai sumber tentang awal mula Intel memproduksi sebuah processor hingga sekarang. Mungkin ada yang kelewatan, Anda dapat juga sharing with comment this post.
•Debut Intel pertama kali pada tahun 1974 dengan membuat sebuah processor yang dinamakan MCS4 (4bit).Tuh processor yang dipasang di kalkulator. Lalu, pada tahun yang sama pula, Intel membuat processor i440 yang rencananya bakal dipesan oleh Jepang untuk dipasang di kalkulator. Tapi sayang, processor ini terlalu canggih sehingga Intel membeli hak gunanya untuk kemudian dikembangkan lebih lanjut.
•Tahun 1972, Intel memproduksi i8008 (8bit), sayangnya masih multivoltage, jadi agak kurang disukai. Lalu, muncul i8080 (8bit), dah pake triple voltage, ada clock generatornya, trus pake teknologi NMOS (bukan PMOS lagi)

•Tahun 1977, muncul i8085, clock generatornya udah onprocessor.
•Tahun 1978, processor i8086 (16 bit), direlease dengan menggunakan teknologi HMOS. Akan tetapi, komponen2 pendukung processor ini saat itu masih langka sehingga harganya menjadi sangat mahal. Sehingga muncul i8088 (16bit bus internal dan 8 bit bus external) dapat memakai komponen bekas punya i8008. Begitu populernya chip ini saat itu, NEC pun meluncurkan chip yang dibangun berdasarkan spesifikasi i8088. Kalo ga salah dikasih nama V20 dan V30. NEC V20 dan V30 kompatibel dengan Intel sampai level bahasa assembly (software)
•Lalu muncul i80186 dan i80188. Sejak saat ini processor mulai dikemas dalam bentuk LCC, PLCC, dan PGA 68 kaki. Secara fisik, i80186 berbentuk bujursangkar dengan 17 kaki persisi (PLCC/LCC) atau 2 deret kaki persisi (PGA) dan mulai dari i80186 inilah chip DMA dan interrupt controller disatukan ke dalam processor
•Untuk meraih momentum yang hilang dari i80186, Intel membuat i80286 (16bit), prosesor dengan register 16-bit, bus eksternal 16-bit, mode protected terbatas yang dikenal dengan mode STANDARD yang menggunakan memori addressing 24-bit yang mampu mengakses maksimal 16 MB memori. Tentu saja, i80286 kompatibel penuh dengan chip-chip seri 808x sebelumnya, dengan tambahan beberapa set instruksi baru. Sayangnya chip ini memiliki beberapa bug pada desain hardware-nya, sehingga gagal mengumpulkan pengikut
•Tahun 1985, Intel meluncurkan desain yang baru, sama sekali berbeda dengan yang terdahulu, i80386 (32bit). Processor ini masih mempertahankan kompatibilitas dengan generasi sebelumnya. Oh iya, ada tambahan pada i80386, yaitu mode PROTECTED – 32BIT, untuk memory addressing 32 bit, mampu mengakses max-4GB, dan tambahan beberapa instruksi baru. i80386 dikemas dalam bentuk PGA (Pin Grid Array)
•Sekitar tahun 1989, Intel meluncurkan i80486DX yang tentunya sangat popular saat itu (sekarang masih ada gak ya?) karena chip ini lebih cepat dari seri i80386 serta didukung oleh FPU internal dan clock multiplier, tanpa adanya tambahan instruksi baru.
•Baru tahun 1993, Processor yang dinamakan Pentium diluncurkan oleh Intel. Pentium memiliki struktur PGA yang lebih besar. Kelihatannya gak da sama sekali yang special dari chip ini, hanya saja standar VLB yang dibuat untuk i80486 tidak cocok (bukan tidak kompatibel) sehingga para pembuat chipset terpaksa melakukan rancang ulang untuk mendukung PCI. Kenapa diberi nama Pentium oleh Intel? Padahal seri2 yang terdahulu memakai angka. Kenapa tidak diberi nama saja P3NT1U44, atau i80486?? Alasannya, Intel memakai nama Pentium untuk meng”hambat” saingannya. Soalnya Intel saat itu abis kalah di pengadilan paten. Alasannya sih, angka tidak bisa dijadikan paten. Makanya sejak saat itu Intel menggunakan istilah Pentium menggunakan TM.
•Tahun 1995, kemunculan Pentium Pro. Inovasi disatukannya cache memori ke dalam processor menuntut dibuatnya socket 8 . Pin-pin prosesor ini terbagi 2 grup: 1 grup untuk cache memori, dan 1 grup lagi untuk prosesornya sendiri.
•Tahun 1996, Pentium MMX diluncurkan oleh Intel. Sebenernya chip ini sama saja dengan Pentium, hanya saja diberi unit tambahan dan instruksi tambahan MMX
•Tahun 1997, Intel meluncurkan Pentium II, Pentium Pro dengan teknologi MMX yang memiliki 2 inovasi : cache memori tidak menjadi 1 dengan inti prosesor seperti Pentium Pro , namun berada di luar inti namun berfungsi dengan kecepatan processor. Inovasi inilah yang menyebabkan hilangnya kekurangan Pentium Pro (masalah pengosongan cache) Inovasi kedua, yaitu SEC (Single Edge Cartidge).
•Kemudian muncul Pentium III yang tentunya mengalami sedikit perkembangan dari Pentium II
•Lalu sekitar tahun 2000an, Intel merilis Intel®Pentium®4 Processor. Desain processor ini mengizinkan processor agar dapat berfungsi sebagai “two logical processor” yang dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.
•April 2006, Intel kembali merilis sebuah processor, “Intel® Dual Core Processor”. Processor ini memiliki dua inti di dalamnya. Jadi, menjalankan beberapa aplikasi sekaligus akan terasa lebih cepat daripada memakai Pentium 4
•Lalu, terakhir Intel meluncurkan sebuah processor baru lagi. Core 2 Duo atau yang biasa disebut Quad Core……




PENGERTIAN MOTHER BOARD

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Matherboard merupakan komponen utama komputer Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Motherboard penting karena menentukan kapabilitas ( kemampuan system ), misalnya :

a. Jenis dan jumlah memori RAM maksimal yang bisa dipasang pada komputer
b. Kecepatan maksimal processor yang didukung, tipe, serta merknya.
Beberapamotherboard kelas atas mendukung dual processor ( dua processor dalam
satu komputer ) untuk mempercepat kinerjanya.
c. Jenis expansion card yang bisa dipasang ( seperti PCI, ISA, AGP, PCI Express) dan
jumlah slot yang tersedia.
d. Teknologi yang telah didukung, misalnya HT ( Hyper Threading ), jumlah port USB,
firewire, dll

Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
a. Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada
komputer
b. Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi
mengatur data komponen komputer lain
c. Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard















PENGERTIAN POWER SUPPLY


Power Supply Unit (PSU) berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh computer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.

Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer.


Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkan keberbagai peralatan seperti :
• Motherboard
• Harddisk
• Floppy Disk Drive
• CD – ROM

Power supply yang berkualitas kurang baik dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen computer, misalnya Harddisk.

Salah satu komponen penting pada power supply adalah pendingin (cooling). Dilengkapi dengan minimal sebuah kipas.



Konektor 20 pin ATX
20 pin konektor ATX yang memasukkan ke dalam sebuah motherboard atx. Jika motherboard Anda memiliki slot untuk 20 pin konektor yang diperlukan untuk Motherboard.

Konektor 24 pin ATX
Beberapa motherboard memerlukan 24 pin ATX Connector. Daya pada power supply 430W dan 500W, baik dengan 20 dan 24 pin konektor.


Molex Connector
Ini adalah IDE konektor yang pasokan daya ke hard drive dan cdroms.

Konektor floppy
The 4 pin konektor floppy pasokan daya ke floppy drive yang dapat di komputer Anda.

Konektor Aux
Look pada motherboard dan lihat apakah ada slot yang menerima 6 pin konektor Aux. Jika ada slot untuk itu maka kemungkinan anda akan membutuhkannya.

Konektor SATA
Hard drive dan perangkat lain dengan konektor sata. Jika Anda memiliki perangkat komputer dengan koneksi sata maka anda yang membutuhkan power supply dengan konektor sata. Salah satunya adalah XPower 550 Watt Power Supply.











PENGERTIAN DISK DRIVE
Istilah Disk Drive atau yang lebih dikenal dengan “hardisk” adalah salah satu spesifikasi untuk komputer atau PC komponen ini berfungsi untuk menyimpan data. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini:
A. Pengertian disk drive
Disk drive adalah alat untuk membaca dan merekam informasi data digital ke dalam media penyimpan berbentuk piringan magnetis yang fleksibel. Piringan magnetis yang dipakai untuk merekam dan membaca informasi data tersebut disebut floppy disk. Peralatan ini dapat dipakai untuk membawa data ke sistem, dan mengambilnya dari sistem, lalu membawanya ke sistem lain. Disk drive merupakan peralatan input dan output. Dalam bekerjanya peralatan ini memerlukan card ekspansi berikut kabel penghubungnya agar dapat berkomunikasi dengan sistem unit.
B. Jenis Disk Drive
Disk drive yang dipakai pada komputer, dalam pemakaian dan bentuk fisiknya dapat dibedakan menjadi dua bagian pokok, yaitu :
1. Disk drive ditinjau dari ukuran fisiknya, ukuran disk drive ada dua, yaitu disk drive untuk media penyimpan yang berukuran 5,25 inch dan disk drive untuk media penyimpn yang berukuran 3,5 inch. Disk drive yang terpasang pada komputer disesuaikan dengan kebutuhan pemakai dan tipe komputer yang digunakan.
2. Disk drive ditinjau dari kapasistas penyimpanan, yakni banyaknya data yang dapat disimpan dalam floppy disk. Kapasitas disket ditentukan berdasarkan ukuran dan tipe disket yang dimasukkan ke drive. Perbedaan kapasitas disebabkan perbedaan kualitas lapisan magnetis dan sistem pemformatan pada disket. Semakin baik lapisan magnetis, semakin besar kemampuan untuk mentimpan informasi. Pada ukuran drive 3,5 inch tipe High Density, dengan drive yang sama dapat membaca disket yang memiliki kapasitas lebih kecil, yaitu disket kapasitas 1,44 MB dan 720 KB. Begitu pula untuk drive ukuran 5,25 inch tipe High Density, dapat membaca disket berkapasitas 360 KB dan 1,2 MB.

Tabel berikut menampilkan jenis drive berdasarkan ukuran fisik dan kapasitas penyimpanannya.

C. Bagian-bagian disk drive

Penampang depan disk drive 3,5 inch

Penampang depan disk drive 5,25 inch

Slot pin untuk kabel kontroller disk drive
Slot kabel kontroller berisi 34 pin. Pin-pin tersebut digunakan untuk mengirim dan menerima perintah dari sistem. Juga untuk mengendalikan motor drive dan pilihan disket yang dipakai dalam disk drive tersebut.
Spesifikasi pin penghubung disk drive adalah sebagai berikut :

Spesifikasi pin pada disk drive




PENGERTIAN HARD DISK

Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis. Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan atau membacanya. Slider terpasang di atas arm, yang kesemuanya terhubung secara mekanis pada suatu kumpulan tunggal dan tersambung pada permukaan piringan melalui suatu alat yang disebut dengan actuator. Selain itu ada juga logic board mengatur aktifitas komponen-komponen lain dan berkomunikasi dengan PC.
Setiap permukaan pada satu platter bisa menampung sekitar sepuluh milyar bit data yang diorganisasikan pada suatu “potongan” yang lebih besar dengan alasan kemudahan, dan memungkinkan pengaksesan informasi dengan lebih mudah dan cepat. Setiap platter memiliki dua head, satu di atas dan satu lagi di bawah, sehingga hard disk dengan dua platter memiliki empat permukaan dan empat head. Setiap platter menyimpan informasi dalam lingkaran-lingkaran yang disebut dengan track. Kemudian tiap track “dipotong-potong” lagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan sector, yang mana masing-masing sector menampung informasi sebesar 512 bytes.
Seluruh hard disk harus dibuat dengan tingkat presisi yang sangat tinggi karena komponen-komponennya berukuran sangat kecil. Bagian terpenting dari hard disk harus ditempatkan pada suatu tempat yang tidak bisa dimasuki udara untuk memastikan tidak ada benda asing yang masuk dan menempel pada permukaan platter yang bisa menyebabkan kerusakan head.
Platter
Platter (sering disebut juga dengan “disks” atau “discs”) terdiri dari dua bahan: benda padat yang membentuk platter itu sendiri dan zat magnetis yang membungkus platter, yang digunakan untuk menyimpan data. Nama “hard disk” itu sendiri sesungguhnya didapatkan dari sifat platter yang keras jika dibandingkan dengan “platter” yang dimiliki disket (floppy disk) atau media lainnya yang fleksibel.
Dikarenakan platter adalah bagian yang digunakan untuk menyimpan data, maka kualitasnya harus benar-benar baik. Tiap permukaan platter benar-benar dibuat dan diperlakukan dengan sangat tepat (melalui mesin tentunya) untuk menghindari cacat, serta hard disk itu sendiri dibuat pada suatu ruangan yang bersih (“clean room”) untuk menghindari partikel-partikel asing menempel pada platter pada saat pembuatannya.
Ukuran dari platter adalah hal utama yang menentukan ukuran hard disk secara keseluruhan, yang juga sering disebut dengan form factor. Setiap hard disk diproduksi dengan berbagai jenis form factor yang standar, diantaranya 5.25-inchi, 3.5-inchi, 2.5-inchi, PC Card dan CompactFlash.



PENGERTIAN KEYBOARD

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
A. Perangkat Keras dan Fungsinya
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.


PENGERTIAN MOUSE
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

Gambar 2.12 Mouse Wireless

PEGERTIAN JOY STICK

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Gambar Joy Stick dan Paddle Games




PENGERTIAN MONITOR

Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan.








PENGERTIAN PRINTER

Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.
• Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
• Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
• Pin Dot matrix
• Ink jet
• Laser
• Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
• Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
• Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
• Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
01.01

0 Responses to " "

Poskan Komentar

tv online

    Warung Bebas TV Streaming

    Follow by Email